Pedoman Wisata Keluarga ke Kebun Raya Bali

Pedoman Wisata Keluarga ke Kebun Raya BaliMemanjakan diri dengan berkunjung ke Kebun Raya Bali merupakan hal paling menyenangkan dalam sejarah hidup. Sebab lokasi tersebut selalu menjamu setiap pengunjung dari daerah manapun termasuk pelancong asing. Para pengunjung yang pertama kali datang ke sana tidak perlu cemas saat menemukan lokasinya. Sebab wilayah tersebut berada di Jalan Kebun Raya, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kota Tabanan, Bali. Jaraknya tidak jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai yakni sekitar 1 jam 30 menit atau kurang dari 65 km.

Diketahui bahwa Kebun Raya Bali tidak hanya menyuguhkan pesona pantai yang notabenenya sangat menggiurkan bagi wisata keluarga. Akan tetapi atraksi yang ditawarkan di dalamnya sangat mengagumkan dan mengesankan. Jadi sangat disayangkan jika liburan tiba tidak terisi dengan pengalaman paling seru dan menarik. Bali termasuk salah satu pulau terbaik di Indonesia yang memiliki pesona alam paling istimewa sepanjang masa. Terbukti bahwa jumlah wisatawan yang berdatangan ke lokasi tersebut selalu meningkat setiap tahunnya. Namun angka tersebut mengalami penurunan sejak pandemi COVID-19. Walau begitu, pasca Era New Normal pun aktifitas di dalamnya telah pulih seperti biasanya.

Pada 15 Juli 1959, Kebun Raya Bali telah diresmikan sebagai salah satu spot wisata terbesar di Indonesia menurut catatan Situs Kebun Raya Bali (LIPI) dengan penetapan nama “Kebun Raya Eka Karya Bali”. Jika dilihat dari pemilihan nama, Eka diartikan satu dan Karya adalah hasil kerja. Secara luas, Eka Karya berarti salah satu kebun raya yang dibangun atas hasil kerja anak bangsa pasca Kemerdekaan Republik Indonesia. Walau begitu, beberapa warga setempat lebih mengenalnya dengan sebutan Kebun Raya Bedugul.

Dalam sejarah awalnya, Kebun Raya Bali hanya memiliki tanah seluas 50 hektar. Akan tetapi, beberapa tahun kemudian telah berkembang pesat hingga memiliki luas 157,7 hektar. Dengan catatan tersebut, Kebun Raya Bedugul menjadi salah satu kebun raya paling luas seantero nusantara. Tentunya para wisata keluarga atau Tur & Travel harus menyiapkan rencana dan tujuan utama dalam berkunjung ke lokasi tersebut. Dan kajian itu telah kami rangkum pada lanjutan uraian berikut ini.

Fasilitas Terbaik Kebun Raya Bali

Merupakan suatu hal yang sangat menjanjikan kenyamanan ketika para pengunjung berdatangan ke Kebun Raya Bali. Sebab di dalamnya telah terdapat berbagai macam fasilitas terbaik dan mencengangkan. Diketahui bahwa lokasi tersebut tak hanya menyuguhkan panorama alam, melainkan menyatukan sejumlah konsep dampak ekologis, pusat penelitian, studi tour, wisata alam hingga konservasi. Jadi setiap pelancong akan selalu mendapatkan ilmu dan pengetahuan terbaru dengan mempelajari berbagai macam tumbuhan, tanaman, tempat bersejarah dan lain – lain. Lebih dari itu, mereka pun akan semakin kagum setelah mengetahui adanya pohon besar berusia lebih dari 1 abad.

Sementara itu, Kebun Raya Bali juga memiliki koleksi taman langka yang disatupadukan dengan segala macam tumbuhan dari berbagai daerah berdasarkan masing – masing jenis. Beberapa contohnya adalah Taman Mawar, Taman Cyathea, Taman Paku, Taman Rhododendron, Taman Surya Nirwana, Taman Usada, Taman Anggrek, Taman Panca Yadnya, Taman Aquatik, Taman Bambu, Rumah Kaca Begonia, Rumah Kaca Kaktus dan masih banyak lagi.

Para wisatawan lokal hingga asing akan selalu mendapatkan kemudahan akses untuk menikmati semua fasilitas tersebut. Sebab pihak tuan rumah akan menyediakan sarana terpercaya untuk menjamu setiap tamu. Mereka bisa merasakan beberapa spot yang diinginkan dengan menyewa mobil golf, skuter, sepeda, shuttle bus dan lain – lain. Menariknya, Kebun Raya Bali beroperasi setiap hari, kecuali Hari Raya Nyepi. Sementara jam buka lokasi tersebut dimulai pukul 08.00 sampai 16.00 WITA pada hari Senin hingga Jumat. Sementara hari Sabtu dan Minggu buka seperti biasa dan ditutup hingga pukul 17.00 WITA. Dan pastinya mengajak keluarga pada akhir pekan atau hari libur akan mendapatkan pengalaman paling seru karena bisa menghabiskan banyak waktu seharian.

Pedoman Wisata Keluarga ke Kebun Raya Bali

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bali

Setiap pengunjung domestik hingga mancanegara tidak perlu membawa banyak uang jika hanya ingin menikmati indahnya Kebun Raya Bali. Sebab tarif per kepala ditentukan dengan nilai Rp 20.000 hingga Rp 30.000. Adapun tiket khusus jika mereka menghasilkan sepeda atau mobil, pastinya harus menyediakan uang lebih tak kurang dari Rp 20.000 sebagai tiket parkir.

Menariknya pemesanan tiket tersebut tak hanya bisa didapatkan pada loket di lokasi. Akan tetapi mereka juga bisa mendapatkan tiket tersebut secara online dengan mengunjungi situs resmi Kebun Raya Bali. Kemudian mereka tinggal melakukan registrasi hingga merampungkan proses pembayaran dan mendapatkan Print Out tiket masuk.

Rute Utama Kebun Raya Bali

Berkunjung ke Kebun Raya Bali menggunakan paket Tour & Travel tidak perlu bingung – bingung dalam mencari rute atau jalur alternatif agar segera tiba di lokasi tepat waktu. Akan tetapi bagaimana jika mereka berwisata keluarga dengan bermodalkan mobil atau motor Tenang saja, karena mereka bisa mendatanginya dengan bantuan Google Maps atau jalur utama. Mereka tinggal menuju ke Denpasar yang kemudian mengambil jurusan ke jalan Diponegoro hingga menemukan jalan Thamrin. Setelah itu akan mendapati rambu lali lintas Tabanan. Mereka tinggal mengikuti jalan yang akhirnya tembus ke Jalan Kebun Raya.

Spot Terbaik di Kebun Raya Bali

Adapun beberapa spot terbaik dan sensasional yang layak kunjung di Kebun Raya Bali. Jadi para wisatawan keluarga tinggal memilih beberapa yang terbaik untuk dijadikan tujuan utama mulai dari Danau Bratan, Pasar Candi Kuning, Perkebunan Strawberry, Ramayana Boulevard, Joger, Roses Garden, Candi Bentar dan lain sebagainya.